Selasa, 01 Oktober 2024

Pertamina Bersama FHCI: Menguatkan Hubungan Industrial yang Inovatif di Era Modern

Pertamina Bersama FHCI: Menguatkan Hubungan Industrial yang Inovatif di Era Modern

Bali – Peran fungsi Human Capital sangat krusial dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan untuk mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan. Hal ini diwujudkan melalui penciptaan lingkungan kerja yang inklusif, harmonis, dan mendorong kolaborasi antar karyawan.

Sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan lingkungan kerja yang positif, Pertamina bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan acara Employee & Industrial Relations Conference (EIRC) 2024 pada 19-20 September 2024 di The Patra Resort & Villas, Bali. Memasuki tahun kedua pelaksanaannya, acara ini mengusung tema Empowering The Future Workforce: Innovation, Resilience & Employee Well-Being To Create A Respectful Workplace.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan EIRC 2024 selaras dengan transformasi BUMN dalam hal tata kelola, proses bisnis, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, hubungan industrial dan karyawan merupakan komponen penting dalam pengembangan human capital yang berdaya saing tinggi.

Baca Juga

PLN Indonesia Power dan Mitra Global Berkolaborasi untuk Transisi Energi Menuju NZE 2060

Lebih lanjut, Tedi menjelaskan bahwa saat ini Kementerian BUMN sedang melakukan transformasi melalui vehicle human capital architecture, yaitu pendekatan untuk membangun hubungan yang harmonis dan sinergi antara pimpinan dan manajemen dengan seluruh karyawan.

“Kami berharap seluruh BUMN beserta anak perusahaan dan afiliasinya dapat membangun hubungan yang harmonis dengan karyawan, karena ini akan menjadi kunci bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan,” ujar Tedi.

Pada kesempatan tersebut, Tedi juga berpesan kepada seluruh BUMN di Tanah Air untuk saling menjaga, membantu, dan bersinergi satu sama lain agar BUMN dapat berperan sebagai value creator serta agent of development yang aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial bangsa.

“FHCI memiliki peran penting sebagai katalisator dalam menjembatani komunikasi yang lebih baik, menjadi sarana pembelajaran antar sesama BUMN, serta turut menyukseskan program-program strategis dalam mewujudkan sinergi antar BUMN demi masa depan yang berkelanjutan. Kementerian BUMN akan terus merangkul seluruh BUMN demi terciptanya hubungan kerja sama yang solid melalui FHCI,” tambah Tedi.

Ketua Umum FHCI, Agus Dwi Handaya, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata kolaborasi antara Kementerian BUMN, FHCI, dan Pertamina, khususnya dalam membangun hubungan yang harmonis antara manajemen perusahaan dan karyawan sehingga dapat menemukan keseimbangan antara kesejahteraan pekerja dan peningkatan kinerja perusahaan.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang 4 Employee & Industrial Relations sekaligus Koordinator Steering Committee FHCI, M. Erry Sugiharto, menjelaskan bahwa EIRC 2024 merupakan wadah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan membahas isu-isu hubungan industrial antara manajemen dan pekerja.

“Harapannya, kita dapat menggali berbagai isu hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja sehingga mampu menemukan solusi terbaik dari seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan aspirasi perusahaan,” tutup Erry.

Sebagai kesimpulan, hubungan industrial yang harmonis merupakan kunci utama dalam menyeimbangkan kepentingan pengusaha dan pekerja, yang pada akhirnya dapat menjamin stabilitas dan harmonisasi guna mendorong produktivitas serta menciptakan budaya kinerja yang unggul.

Sebagai perusahaan terdepan dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mengembangkan program-program yang berkontribusi langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya ini selaras dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Redaksi

Redaksi

indikatorbisnis.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

PLN Indonesia Power Hadirkan Solusi Inovatif untuk Masyarakat yang Sejahtera

PLN Indonesia Power Hadirkan Solusi Inovatif untuk Masyarakat yang Sejahtera

Kesejahteraan Masyarakat: Upaya Inovatif PLN Indonesia Power Menuju Masa Depan Cerah

Kesejahteraan Masyarakat: Upaya Inovatif PLN Indonesia Power Menuju Masa Depan Cerah

PLN Indonesia Power: Menggali Inovasi untuk Kesejahteraan yang Berkelanjutan

PLN Indonesia Power: Menggali Inovasi untuk Kesejahteraan yang Berkelanjutan

Transformasi Kesejahteraan Melalui Inovasi Inspiratif dari PLN Indonesia Power

Transformasi Kesejahteraan Melalui Inovasi Inspiratif dari PLN Indonesia Power

PLN Indonesia Power: Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Inovasi Berani

PLN Indonesia Power: Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Inovasi Berani