Subholding Upstream BUMN: Karya Inovatif Pertamina Diakui Dunia

Selasa, 09 Juli 2024 | 16:31:47 WIB
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional melalui inovasi yang dihasilkan oleh para pekerjanya, yang disebut Perwira. Empat karya inovatif PHE berhasil meraih penghargaan di ajang bergengsi 17th International Invention and Innovation Show (INTARG) 2024 di Katowice, Polandia. INTARG 2024, yang diikuti oleh lebih dari 267 peserta dari 21 negara, merupakan platform untuk memamerkan teknologi inovatif, membuka peluang bisnis internasional, dan mendorong transformasi industri. Pada kesempatan ini, PHE berhasil mencuri perhatian dengan empat inovasi unggulannya yang dikembangkan melalui Continuous Improvement Program (CIP):
  1. FT-PROVE MOTION (PT Pertamina Hulu Rokan): Inovasi yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan sumur dengan menggunakan gerakan (Mousetrap Revolution) di Lapangan Pendopo meraih medali emas dan penghargaan khusus dari Korea Invention Promotion Association (KIPA).
  2. PC-PROVE GEMPI (PT Pertamina Hulu Indonesia): Inovasi yang meningkatkan pendapatan perusahaan dari sumur tidak aktif dengan menggunakan GEMPI (Green Environmental Oil Pump Installation) di Regional 3, Zona 10, Lapangan Tarakan meraih medali emas dan penghargaan khusus dari International Federation of Inventors' Associations (IFIA).
  3. PC-PROVE SULPHUR PAVING (PT Pertamina EP Cepu): Inovasi yang memanfaatkan limbah sulfur menjadi blok paving ramah lingkungan untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Pertamina EP meraih medali platinum dan penghargaan "The Best Foreign Innovation Award".
  4. PC-PROVE MOVE ON (PT Pertamina Internasional EP): Inovasi yang meningkatkan pendapatan sebesar 241 juta USD per tahun dengan modifikasi dehidrasi Molecular Sieve di Regional 5 meraih medali emas dan penghargaan khusus dari National Research Council of Thailand (NRCT).
Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE, Whisnu Bahriansyah, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para Perwira yang telah berinovasi dan mengharumkan nama Pertamina di tingkat internasional. Ia juga berterima kasih kepada manajemen Subholding Upstream, Regional, dan Anak Perusahaan/Services atas dukungan yang diberikan dalam pengembangan inovasi tersebut. Prestasi ini sejalan dengan komitmen PHE dalam menjalankan operasi hulu migas sesuai prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). PHE terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri, dengan tujuan menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan berkelola dengan baik.

Terkini