Senin, 14 Oktober 2024

PLN Indonesia Power Gandeng PGE Percepat Pengembangan Panas Bumi

PLN Indonesia Power Gandeng PGE Percepat Pengembangan Panas Bumi

Jakarta – PLN Indonesia Power (PLN IP) bekerja sama dengan Pertamina Geothermal Energy (PGE) dalam proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu Binary Unit dengan kapasitas 30 MW dan Lahendong Binary Unit dengan kapasitas 15 MW. Kolaborasi ini merupakan langkah strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memaksimalkan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) guna mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Sinergi ini diresmikan melalui penandatanganan Consortium Agreement antara PLN Indonesia Power dan Pertamina Geothermal Energy yang berlangsung dalam acara Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) Ke-10 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Acara ini turut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono; Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo; dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi energi panas bumi terbesar di dunia, yakni mencapai sekitar 40 persen dari total potensi global dengan perkiraan kapasitas 24.000 MW. Oleh karena itu, pengembangan energi panas bumi harus terus dilakukan agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan listrik yang rendah emisi serta mendorong terciptanya ekonomi hijau.

Baca Juga

19 Tahun PEPC Regional Indonesia Timur Mengabdi untuk Keberlanjutan Energi dan Kolaborasi yang Efektif

"Indonesia berkomitmen untuk menjadi bagian penting dalam upaya dunia membangun ekonomi hijau, mengembangkan industri hijau, dan melakukan transisi energi hijau. Komitmen ini sudah saya sampaikan di berbagai kesempatan," ujar Joko Widodo.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia, menambahkan bahwa Indonesia saat ini memiliki kapasitas listrik sebesar 93 Giga Watt (GW), di mana sekitar 13,7 GW atau 15 persen di antaranya berasal dari Energi Baru Terbarukan. Energi panas bumi, menurutnya, merupakan salah satu instrumen kunci untuk meningkatkan kontribusi EBT dalam bauran energi nasional.

"Saat ini, kapasitas pembangkit listrik panas bumi di Indonesia mencapai 2,6 GW, terbesar kedua di dunia, dan dalam sepuluh tahun terakhir telah mengalami pertumbuhan dua kali lipat," jelas Bahlil.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menekankan bahwa pembangkit listrik panas bumi menjadi andalan dalam pengembangan energi terbarukan, dan kerja sama dengan Pertamina Geothermal Energy merupakan terobosan strategis dalam upaya optimalisasi potensi panas bumi.

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis agar potensi panas bumi di Indonesia dapat dimanfaatkan secara maksimal," ungkap Edwin.

Dalam kerja sama ini, PLN Indonesia Power dan Pertamina Geothermal Energy akan mengembangkan PLTP Cogeneration (Binary Unit) di Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) PGE dengan potensi kapasitas mencapai 230 MW, termasuk PLTP Ulubelu Binary Unit 30 MW dan Lahendong Binary Unit 15 MW.

"Proyek ini merupakan bagian dari percepatan transisi energi dan mendukung kebijakan energi nasional, termasuk pencapaian Nationally Determined Contribution (NDC) serta program Net Zero Emission," tambah Edwin.

Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy, Jufli Hadi, menegaskan bahwa kolaborasi antara PGE dan PLN IP adalah bukti nyata sinergi dalam pengembangan energi panas bumi.

"Kolaborasi adalah kunci dalam menciptakan ekosistem yang mendukung percepatan pengembangan energi panas bumi di Indonesia. Kerja sama ini adalah salah satu langkah penting yang harus diambil untuk mendorong kemajuan energi hijau yang berkelanjutan, tidak hanya bagi kedua perusahaan tetapi juga untuk Indonesia dan dunia," ujar Jufli.

Redaksi

Redaksi

indikatorbisnis.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Inovasi PLN Indonesia Power dalam Program UMKM Tingkatkan Kesejahteraan

Inovasi PLN Indonesia Power dalam Program UMKM Tingkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Sejahtera Berkat Program Inovatif UMKM PLN Indonesia Power

Masyarakat Sejahtera Berkat Program Inovatif UMKM PLN Indonesia Power

Program UMKM PLN Indonesia Power Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Program UMKM PLN Indonesia Power Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

PLN Indonesia Power Berinovasi untuk Kesejahteraan Lewat Pemberdayaan UMKM

PLN Indonesia Power Berinovasi untuk Kesejahteraan Lewat Pemberdayaan UMKM

Program UMKM PLN Indonesia Power Berikan Nilai Tambah pada Kesejahteraan Masyarakat

Program UMKM PLN Indonesia Power Berikan Nilai Tambah pada Kesejahteraan Masyarakat