Pertamina Dorong UMKM Menggunakan MyPertamina di Ajang Grand Prix Indonesia 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 | 13:45:50 WIB

Lombok - Dalam rangka mendukung digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, Pertamina memanfaatkan momen balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika. Beberapa UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur akan memamerkan produk mereka selama acara, menggunakan aplikasi MyPertamina untuk memudahkan transaksi.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menyatakan bahwa produk-produk UMKM yang didukung oleh Pertamina memiliki kualitas yang unik dan menarik. Dalam ajang internasional ini, produk yang beragam—mulai dari makanan dan minuman hingga kerajinan khas Indonesia—akan sangat diminati oleh pengunjung. "Dengan banyaknya konsumen, aplikasi MyPertamina akan sangat berguna untuk memperlancar dan mempercepat proses transaksi," ungkapnya.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa semua transaksi di Pertamina Mandalika International Circuit diwajibkan menggunakan MyPertamina. “Dengan cara ini, pencatatan penjualan dan pengelolaan stok bagi UMKM akan dilakukan secara otomatis,” katanya.

Pengguna aplikasi MyPertamina juga akan mendapatkan potongan 5 persen untuk setiap transaksi selama acara. “Ini memberikan keuntungan tambahan baik bagi konsumen maupun UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Saat sosialisasi penggunaan MyPertamina di Rumah BUMN Lombok Timur, Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyambut positif langkah ini. “Teknologi sangat penting, terutama pada ajang internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif adalah usaha kerajinan bambu yang telah menjadi warisan budaya di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Agus berperan sebagai penggerak ekonomi setempat dengan menjadikan anyaman bambu sebagai komoditas yang diperhitungkan di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu kami dalam pencatatan transaksi dan perkembangan usaha,” katanya.

Pertamina berharap MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar internasional. Masyarakat bisa dengan mudah mengunduh aplikasi MyPertamina melalui Play Store atau App Store untuk menikmati kemudahan transaksi dan penawaran menarik.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua langkah ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

Terkini