Pertamina MyPertamina Dorong UMKM Go Digital di Grand Prix of Indonesia 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:24:43 WIB

Lombok - Pertamina memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur yang akan menjajakan produknya selama acara tersebut. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai sarana untuk mempermudah transaksi selama acara berlangsung.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa UMKM binaan Pertamina memiliki produk yang unik dan berkualitas. Dalam ajang internasional, produk UMKM yang umumnya berupa makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia sering kali menjadi incaran masyarakat dan wisatawan. "Dengan tingginya minat konsumen terhadap produk UMKM, penggunaan MyPertamina akan mempermudah dan mempercepat proses transaksi," ungkap Fadjar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menambahkan bahwa seluruh transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit diwajibkan menggunakan MyPertamina. “Pemanfaatan MyPertamina ini akan membantu UMKM dalam pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis,” jelas Heppy.

Pengguna aplikasi MyPertamina juga akan menikmati promo potongan 5 persen untuk setiap transaksi selama ajang berlangsung. “Ini akan memberikan keuntungan bagi pembeli sekaligus meningkatkan penjualan bagi UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang diadakan di Rumah BUMN Lombok Timur, Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik usaha Loyok Kreatif, menyambut baik inisiatif tersebut. “Teknologi memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam acara berskala internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif merupakan seni kerajinan bambu yang telah menjadi warisan leluhur di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kini, Agus Hartadi menjadi salah satu penggerak ekonomi di daerahnya, menjadikan anyaman bambu sebagai komoditas yang diperhitungkan di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu kami dalam pencatatan transaksi dan memudahkan usaha untuk berkembang,” katanya.

Pertamina berharap bahwa kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal serta memperkenalkan produk mereka di pasar global. Untuk menikmati kemudahan bertransaksi dan promo menarik, masyarakat dapat dengan mudah mengunduh aplikasi MyPertamina melalui Play Store atau App Store.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung pencapaian target Net Zero Emission 2060 dengan terus menginisiasi program-program yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh inisiatif ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) dalam berbagai aspek bisnis dan operasional Pertamina.

Terkini