Pertamina: Pemberdayaan UMKM Dengan Digitalisasi di Pertamina Grand Prix Indonesia 2024

Minggu, 29 September 2024 | 17:37:55 WIB

Lombok - Pertamina memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya. Ini termasuk UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur, yang akan menjajakan produk mereka selama acara. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mempermudah transaksi.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menekankan bahwa produk-produk UMKM yang didukung Pertamina memiliki kualitas dan keunikan tersendiri. Produk-produk ini, yang mencakup makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia, sangat diminati oleh masyarakat dan pengunjung acara internasional. "Dengan banyaknya pelanggan, aplikasi MyPertamina akan sangat membantu dalam mempercepat dan mempermudah transaksi," jelas Fadjar.

Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menambahkan bahwa semua transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit harus menggunakan MyPertamina. “Aplikasi ini akan memudahkan pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis bagi UMKM,” katanya.

Pengguna MyPertamina juga akan mendapatkan diskon 5 persen untuk setiap transaksi yang dilakukan selama acara. “Ini memberikan nilai tambah bagi pembeli dan UMKM yang berpartisipasi,” tambah Heppy.

Dalam sosialisasi penggunaan MyPertamina yang berlangsung di Rumah BUMN Lombok Timur pada Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik Loyok Kreatif, menyambut baik inisiatif ini. “Peran teknologi sangat penting, terutama dalam acara berskala internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif adalah usaha kerajinan bambu yang telah menjadi warisan budaya di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Agus kini aktif dalam memajukan ekonomi lokal dengan menjadikan anyaman bambu sebagai produk yang bersaing di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu kami dalam mencatat transaksi dan mendukung perkembangan usaha kami,” ujarnya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar internasional. Masyarakat dapat menikmati kemudahan bertransaksi dan berbagai promo menarik dengan mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Sebagai pelopor dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua inisiatif ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) dalam seluruh operasi perusahaan.

Terkini