Pertamina: Menggugah UMKM untuk Beradaptasi dengan Digital di Grand Prix 2024

Minggu, 29 September 2024 | 17:45:29 WIB

Lombok - Pertamina memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya. Ini mencakup UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur, yang akan memasarkan produk mereka selama acara berlangsung. Puluhan UMKM ini akan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mempermudah proses transaksi.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menyampaikan bahwa produk UMKM yang didukung Pertamina memiliki kualitas unik dan menarik. Produk-produk ini, yang terdiri dari makanan, minuman, dan kerajinan khas Indonesia, sangat dicari oleh masyarakat dan pengunjung acara internasional. "Dengan banyaknya konsumen yang datang, penggunaan MyPertamina akan membantu mempercepat dan mempermudah transaksi," ujarnya.

Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menambahkan bahwa seluruh transaksi di kawasan Pertamina Mandalika International Circuit diwajibkan menggunakan MyPertamina. “Aplikasi ini akan mempermudah pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis bagi UMKM,” katanya.

Selain itu, pengguna MyPertamina juga akan mendapatkan potongan harga 5 persen untuk setiap transaksi selama acara berlangsung. “Ini adalah keuntungan tambahan bagi pembeli serta UMKM yang terlibat,” tambah Heppy.

Pada sosialisasi penggunaan MyPertamina di Rumah BUMN Lombok Timur pada Rabu (25/9), Agus Hartadi, pemilik Loyok Kreatif, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Teknologi sangat berperan penting, terutama dalam acara internasional seperti ini,” ujarnya.

Loyok Kreatif adalah usaha kerajinan bambu yang merupakan warisan budaya di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Agus kini berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi lokal dengan menjadikan anyaman bambu sebagai produk yang kompetitif di pasar global.

Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur, juga merasakan manfaat dari digitalisasi. “MyPertamina sangat membantu kami dalam pencatatan transaksi dan mendukung perkembangan usaha kami,” katanya.

Pertamina berharap kehadiran MyPertamina dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memperkenalkan produk mereka ke pasar internasional. Masyarakat dapat menikmati kemudahan transaksi dan berbagai promo menarik dengan mengunduh aplikasi MyPertamina di Play Store atau App Store.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program yang berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua langkah ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasional perusahaan.

Terkini