Pertamina dan Bobobox Kolaborasi Ciptakan Bobocabin Patra Parapat: Akomodasi Masa Depan di Danau Toba

Sabtu, 28 September 2024 | 19:04:52 WIB

Kabupaten Simalungun – PT Patra Jasa bekerja sama dengan Bobobox meluncurkan Bobocabin Patra Parapat, akomodasi hotel kabin luar ruang terbaru yang menawarkan pengalaman glamping eksklusif di tepi Danau Toba.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, menyampaikan penghargaan kepada Patra Jasa dan Bobobox atas pembukaan Bobocabin Patra Parapat. Ia mengungkapkan, "Ini adalah inovasi yang kreatif dan berbeda dari cara pandang konvensional tentang penginapan. Dengan adanya opsi baru ini, para konsumen memiliki pilihan menarik untuk menginap di kawasan Kaldera Toba."

Direktur Utama PT Patra Jasa, Ray SM Daulay, menekankan bahwa kehadiran Bobocabin di Patra Parapat Hotel merupakan bentuk komitmen Patra Jasa dalam mendukung upaya Pemerintah untuk mengembangkan pariwisata premium di kawasan Danau Toba. Ia juga menambahkan bahwa ini akan memberikan pengalaman unik dan ramah keluarga bagi wisatawan lokal maupun internasional.

"Kami optimis kehadiran Bobocabin Patra Parapat akan meningkatkan kunjungan wisatawan. Ini adalah pilihan liburan yang menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan pemandangan indah Danau Toba dan Pulau Samosir serta udara pegunungan yang menyegarkan," jelas Ray SM Daulay.

Lebih lanjut, ia berharap destinasi ini dapat mendorong perkembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba, memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat melalui partisipasi dalam pengembangan dan pengelolaan pariwisata.

Co-Founder & CEO Bobobox, Indra Gunawan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Patra Jasa atas kepercayaan yang diberikan kepada Bobobox sebagai operator kabin. "Bagi kami, ini bukan sekadar langkah untuk memperluas produk akomodasi, tetapi juga momen penting dalam portofolio kolaborasi kami," jelasnya.

Bobocabin Patra Parapat terletak di area Patra Parapat Hotel, di Jl. Pertamina Siuhan, Nagori Sibaganding, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Destinasi ini merupakan bagian dari pengembangan kawasan Danau Toba, yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari lima Destinasi Wisata Super Prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bobocabin Patra Parapat menawarkan 20 kabin dengan pemandangan spektakuler langsung ke Danau Toba. Terdapat 12 unit Deluxe Cabin yang dapat menampung 2 dewasa, dan 8 unit Executive Cabin yang dapat menampung hingga 2 dewasa dan 2 anak. Setiap kabin dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk kamar mandi dengan shower air panas, tea set, dan tablet pintar B-Pad yang menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengatur suara, cahaya, dan privasi.

Selain glamping, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas di Patra Parapat Hotel, seperti kolam renang, taman bermain anak, water park, layanan ATV, sepeda, serta akses eksklusif ke Kapal Wisata untuk menjelajahi Danau Toba dan mengunjungi destinasi populer seperti Batu Gantung, Air Terjun Situmurun, Huta Siallagan, dan Wisata Tomok di Pulau Samosir.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menambahkan bahwa Pertamina mendorong seluruh jajaran grup untuk meningkatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk sektor pariwisata, sebagai dukungan bagi pertumbuhan ekonomi lokal, terutama di wilayah Simalungun, Sumatera Utara.

Sebagai perusahaan yang memimpin di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Terkini