Inovasi Pertamina UMK Academy: Mendorong Kreativitas dalam Pemberdayaan UMK

Sabtu, 28 September 2024 | 20:55:21 WIB

Jakarta - PT Pertamina (Persero) baru saja menerima penghargaan Marketeers Editor’s Choice untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 dalam kategori SME Enabler Program of The Year. New UMK Academy 2024 adalah hasil pengembangan dari UMK Academy yang telah dijalankan selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) adalah sebuah ajang penghargaan yang menilai merek-merek berdasarkan terobosan kreatif dan inovatif dalam dunia pemasaran selama satu tahun terakhir.

Dewan Editor Marketeers menilai Pertamina UMK Academy 2024, yang hadir dengan format baru, sebagai program pembinaan yang efektif untuk membantu pelaku UMK beradaptasi dengan perkembangan pemasaran terkini. Pelatihan yang diberikan mendorong UMK untuk berinovasi secara berkelanjutan dan memanfaatkan teknologi digital melalui pendekatan gamifikasi.

UMK Academy juga merupakan program yang berkelanjutan dengan cakupan peserta yang luas, memberikan dampak positif bagi masyarakat.

CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, Iwan Setiawan, menegaskan bahwa langkah ini menunjukkan komitmen serius Pertamina dalam mempersiapkan UMK menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dia menambahkan bahwa terobosan ini menciptakan cerita merek yang layak untuk disebarluaskan, dengan fokus pada inovasi dan inspirasi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan apresiasi terhadap penghargaan yang diterima. Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan bahwa Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional, tidak hanya berfokus pada bisnis energi tetapi juga berperan aktif dalam memberdayakan UMK, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dengan tagline Beri Energi Baru Menuju UMK Maju pada tahun 2024, program ini bertujuan untuk mendorong UMK agar lebih inovatif dan kreatif dalam proses produksi dan pemasaran, sehingga mereka dapat berkembang dan bertransformasi lebih cepat hingga ke tingkat internasional.

Fadjar menambahkan bahwa penghargaan ini memotivasi Pertamina untuk terus berkontribusi dalam menciptakan UMK yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri.

Pertamina UMK Academy adalah program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan yang terstruktur, berjenjang, terintegrasi, dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia. Kurikulum utama program ini mencakup Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, yang juga mengintegrasikan prinsip Go Green.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, antusiasme UMK untuk mengikuti program ini terus meningkat. Tahun ini, lebih dari 8.500 UMK dari seluruh Indonesia telah mendaftar, dengan 1.686 UMK terpilih sebagai peserta program. Pertamina juga terus berinovasi untuk meningkatkan nilai dan manfaat yang diperoleh UMK dari program ini.

Dengan pendampingan yang intensif, diharapkan peserta UMK Academy dapat mencapai kesuksesan yang lebih tinggi, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, hingga keterlibatan masyarakat sekitar, serta memperoleh sertifikat nasional dan internasional, dan menembus pasar global.

Selain itu, Pertamina juga mempersiapkan fase lanjutan dari program UMK Academy, yaitu Pertapreneur Aggregator. Program ini adalah kolaborasi antara UMKM binaan yang saling mendukung dan membangun jejaring kolaborasi antar-UMKM di sekitarnya.

Sebagai perusahaan terdepan dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua usaha ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Terkini