Kreatif dan Inovatif, Pertamina UMK Academy Mendapat Penghargaan Marketeers Editor’s Choice Award 2024 untuk Pemberdayaan Berkelanjutan

Sabtu, 28 September 2024 | 15:42:48 WIB

Jakarta - PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Marketeers Editor’s Choice untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 dalam kategori SME Enabler Program of The Year. Program ini merupakan pengembangan dari UMK Academy yang telah berjalan selama lima tahun.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) adalah penghargaan yang mengakui merek-merek yang telah melakukan inovasi kreatif dalam pemasaran sepanjang tahun.

Pertamina UMK Academy 2024, dengan format barunya, dinilai oleh Dewan Editor Marketeers sebagai program pembinaan yang membantu pelaku UMK beradaptasi dengan perkembangan dunia pemasaran. Pelatihan yang diberikan mendorong UMK untuk berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital melalui pendekatan gamifikasi.

Program ini bersifat berkelanjutan, menjangkau banyak peserta, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Iwan Setiawan, CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, menyatakan bahwa langkah Pertamina menunjukkan keseriusan dalam mempersiapkan UMK agar siap bersaing di pasar yang semakin kompetitif. “Inovasi dan inspirasi adalah dua elemen penting dari brand story yang kuat,” ujarnya.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengungkapkan apresiasi atas penghargaan ini sebagai bukti bahwa Pertamina tidak hanya fokus pada bisnis energi, tetapi juga aktif dalam memberdayakan UMK, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dengan tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” di 2024, program ini bertujuan mendorong UMK untuk lebih inovatif dan kreatif dalam produksi dan pemasaran, agar bisa berkembang lebih cepat, bahkan hingga ke tingkat internasional.

"Kami bersyukur atas penghargaan ini, yang mendorong kami untuk terus berkontribusi dalam mencetak UMK yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri," kata Fadjar.

Pertamina UMK Academy adalah program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia. Kurikulum utama mencakup Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, serta mengintegrasikan prinsip Go Green.

Sejak diluncurkan pada 2020, antusiasme UMK untuk mengikuti program ini terus meningkat. Tahun ini, lebih dari 8.500 UMK mendaftar, dan 1.686 UMK terpilih menjadi peserta. Pertamina terus berinovasi untuk meningkatkan nilai dan manfaat bagi UMK.

"Dengan pendampingan yang intensif, diharapkan peserta UMK Academy dapat meningkatkan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, serta melibatkan lebih banyak masyarakat. Mereka juga diharapkan bisa mendapatkan sertifikat nasional dan internasional serta menembus pasar global," harapnya.

Selanjutnya, Pertamina juga akan meluncurkan program lanjutan bernama Pertapreneur Aggregator, yang bertujuan untuk membangun jejaring kolaborasi antar-UMKM.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasionalnya.

Terkini